Rabu, 03 Mei 2017

mendung.

'' tanpa kata, tanpa nada, rintik hujan pun menafsirkan kedamaian ''
'' hanya rasa hanya prasangka yang terdengar didalam dialog hujan''

sedikit lirik lagu dari Senar Senja tersebut berhasil membuat suasana mendung di Kota Surabaya ini menjadi semakin berarti, entah mulai kapan saya menyukai aliran musik indie, fyi aja sih ya saya itu orangnya hampir suka semua aliran musik, Pop Punk, Jazz, Blues, Indie, Hip Hop, Folk dan Dangdut. Saya sadar anak indonesia harus mencintai hasil karya anak bangsa, maka dari itu saya terkadang mendengarkan musik aliran dangdut ya meskipun tidak sering juga sih ya, meskipun dikata jadul , norak, dsb. makna dari liriknya asal kalian tahu itu dalam loh apalagi jika yang genre 90' gitu. tapi belakangan ini sih saya lagi suka band yang mengusung aliran indie dan folk gitu sih, semakin berkembangnya zaman band band aliran tersebut di Indonesia mulai banyak bermunculan salah satunya saja Silampukau salah satu band folk yang berasal dari Surabaya ini yang karyanya banyak dinikmati oleh kalangan anak muda yang tak terkecuali saya pun juga ikut hanyut kedalam suasana saat lagu mulai diputar.

EKI = KIRI   -  KHARIS = KANAN
yang merupakan anggota dari SILAMPUKAU

Silampukau adalah sebuah band folk dari Surabaya yang digawangi oleh Eki dan Kharis. Yang membedakan mereka dari band folk lainnya, semacam Payung Teduh, adalah mayoritas lirik lagunya yang bercerita tentang kehidupan orang biasa di Surabaya. Frame yang diambil mulai dari penjual miras, anak-anak yang kehilangan tempat bermain bola, para perantau, THR Surabaya, hingga tentang bekas lokalisasi terbesar di Asia tenggara: Dolly.

Selain tema lagu yang rasanya belum pernah dibawakan musisi lainnya, tentu saja yang luar biasa dari mereka adalah lirik dan musiknya. Seperti puisi, liriknya sarat dengan pesan-pesan. Meskipun sederhana, namun musik mereka terdengar.. sangat indah. Setidaknya bagi telinga awam saya yang tidak pernah diajar pendidikan musik formal. Rasanya, baru kali ini saya mendengar lagu tentang lokalisasi yang dibawakan dengan sangat bagus.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar