Minggu, 26 Maret 2017

SHOLAWAT NABI

Dalam hadits  Rasulullah SAW bersabda :
“Jika orang bershalawat kepadaku, maka malaikat juga akan medoakan keselamatan baginya, untuk itu bershalawatlah, baik sedikit ataupun banyak. “ ( HR. Ibnu Majah dan Thabrani)
Sholawat nabi merupakan suatu bentuk pujian para umatnya kepada Nabi Muhammad SAW, yang bisa menjadi iringan setiap saat bisa dilakukan dengan cara diucapkan atau dalam hati yang terpenting tujuannya sama.
lalu bagaimana bunyi bacaannya tersebut?

latin : Allahumma salli'ala muhammadin wa'ala ali muhammadin kamasollaita'ala ibrahim. 
Wabarik'ala muhammadin wa'ala alimuhammadin kamabarakta'ala ibrahima fil'alamin. 
innaka hamidunmajid. 

terjemahan : "Ya Allah, wahai Tuhanku muliakan oleh-Mu akan Muhammad dan akan keluargaya sebagaimana Engkau memuliakan keluarga Ibrahim dan berilah berkat olehmu kepada Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau telah memberkati keluarga Ibrahim, bahwasanya Engkau sangat terpuji lagi sangat mulia diserata alam." HR.Muslim 

referensi lainnya:

1. Dari zaid bin Abdullah, bahwa sebenarnya mereka dianjurkan membaca sholawat dengan bacaan berikut :


اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الأُمِّيِّ

Teks Bacaan Shalawat Nabi Muhammad SAW dalam Bahasa Indonesia 

Allahumma sholli ‘ala Muhammad an nabiyyil ummiyyi'

Teks Terjemahan Shalawat Nabi Muhammad SAW 
 Yang artinya :
Ya Allah berilah shalawat kepada Muhammad Nabi yang Ummi.(Fadlu Ash Sholah ‘Alan Nabiy no 60 SyeikhAlbani menganggap hadist ini shohih)

2. Dari Ka’ab bin Ujroh, bercerita

“Wahai Rasulallah, kami sudah mengetahui bagaimana cara mengirim salam kepadamu. Lalu bagaimana cara kami bersholawatkepadamu? Nabi SAW bersabda ucapkanlah

اللَّهُمَّ صّلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

Bacaan Shalawat Nabi Muhammad SAW dalam Bahasa Indonesia 

Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama shollaita ‘ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid

Terjemahan Shalawat Nabi Muhammad SAW 
 Yang artinya :
Ya allah berilah sholawat kepada muhammad dan keluarganya karena engkau memberi sholawat kepada keluarga ibrahim. Sesungguhnya Allah Maha Terpuji lagi Maha Penyayang. (Fadlu Ash Sholah ‘Alan Nabiy no 56 SyeikhAlbani menganggap hadist ini shohih).

3. Dari hadist riwayat bukhori diriwayatkan sebagai berikut

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Bacaan Shalawat Nabi Muhammad SAW dalam Bahasa Indonesia 

“Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama shollaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid. Allahumma barik ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama barokta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid.”

Terjemahan Shalawat Nabi Muhammad SAW 
 Yang artinya :
Ya allah berilah sholawat kepada Muhammad dan keluarganya karena engkau memberi sholawat kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya engkau Maha Terpuji lagi Maha Penyayang Ya Allah berilah sholawat kepada Muhammad dan keluarganya karena engkau memberi sholawat kepada keluarga Ibrahim.Sesungguhnya engkau Maha Terpuji lagi Maha Penyayang.

Demikian beberapa sholawat yang dilakukan oleh para sahabat nabi. Sebagai umat Nabi Muhammad hendaklah meniru apa yang dilakukan para sahabat sebagai i’tibar agar semakin mantap langkah yang diambil dalam menjalani kehidupan.

Maka sebagai umat yang memiliki banyak kesalahan dan dosa, hendaklah perbanyak sholawat nabi agar semakin dekat dengan Nabi Muhammad.Semoga bermanfaat.

Lalu apa sajakah manfaat yang kita dapatkan setelah membaca sholat?

1. Lebih diutamakan pada Hari Kiamat
Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW yakni :
“ Sesungguhnya lebih utama bagiku manusia besok pada hari kiamat, adalah mereka yang lebih banyak membaca Shalawat kepadaku.“ (HR. Turmudzi dari Ibn’ Mas’ud Ra)
2. Mengundang Datangnya Karunia dan Nikmat-Nikmat dari Allah SWT
Doa dan permohonan memiliki pengaruh signifikan dalam mengundang datangnya karunia dan nikmat-nikmat Allah SWT. Shalawat adalah doa. Dengan bershalawat, secara tidak langsung kita telah mengundang datangnya karunia dan nikmat-nikmat dari Allah, Sang Pemberi Nikmat.
3. Mendapatkan Kebanggaan
Rasulullah SAW merasa senang dengan shalawat tersebut, sebagaimana beliau telah bersabda :
“Sesungguhnya aku membanggakan adanya kalian kepada umat-umat yang lainnya.“
Sebagai umat yang dibanggakan, selayaknyalah kita mencintai beliau, selalu menyebut namanya dan bershalawat untuknya.
4. Lebih Dekat kepada Allah SWT
Pernah suatu ketika, sebagaimana diwahyukan Allah SWT kepada Rasulullah SAW, Allah bertitah pada Nabi Musa as :
“Wahai Musa, apakah kamu ingin agar Aku lebih dekat kepadamu daripada kedekatan ucapan kepada lidahmu, daripada bisikan hatimu dari hatimu sendiri, daripada ruhmu ke badanmu dan daripada cahaya matamu pada matamu ?“
Musa as. pun menjawab :
“ Ya, wahai Tuhanku. “ Lalu Tuhan berfirman : “ Maka perbanyaklah membacakan shalawat untuk Muhammad SAW. “
5. Diangkat Baginya Sepuluh Derajat dan Dihapus Darinya Sepuluh Keburukan
Abas bin Malik berkata, telah bersabda Rasulullah SAW :
“Barang siapa yang bershalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali da dihapus darinya sepuluh kesalahAn, diangkat baginya sepuluh derajat.“ (HR. An-Nasa’I no. 1296)
6. Shalawat menjanjikan sebaik-baik tempat kembali bagi yang mengamalkannya dan memberikan kesuksesan dengan pahala yang melimpah.
7. Shalawat merupakan amal yang paling mudah terkabul, membuat kondisi hati menjadi bersih, dan melalui shalawat barokah-barokah diturunkan dan doa-doa dikabulkan.
8. Dengan shalawat seseorang bisa mencapai kerelaan Tuhan Yang Maha Pengasih.

cr : http://manfaat.co.id/15-manfaat-membaca-shalawat
http://www.kopi-ireng.com/2016/08/bacaan-sholawat-nabi-bahasa-arab-latin-lengkap-dengan-artinya-dan-keutamaannya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar